Rabu, 23 September 2015

Akselerasi SMA



Hayyy
Meet again..

Today, author akan menceritakan sebuah kisah 
Kisah author yang baru-baru ini terjadi pada diri saya yang mengubah kebiasaan hari demi hari

Seperti yang kalian tau,, Author blog ini adalah SALAH SATU SISWA AKSELERASI. Kelas akselasi hanya ada 1 di tiap kota. Untuk Kota Cirebon, kelas akselerasi tersedia di SMA NEGERI 6 Kota Cirebon.
Sedikit cerita, author masuk kelas akselerasi ini hanya bermodal nekat dan keyakinan. 
Sebenarnya, masuk kelas akselerasi itu lumayan membutuhkan usaha, karena apabila kalian ingin terdaftar sebagai siswa CI (Cerdas Istimewa) kalian harus diwajibkan mengikuti berbagai tahapan. Pertama ada Tes IQ (min. 130), Kedua Tes Akademik, Ketiga Wawancara. Setelah itu, kalian akan menanti hasil dan pengumuman. 
Sebenarnya, kelas CI terbagi menjadi dua, Akselerasi dan Enrichment. Bagi kalian yang gugur di seleksi akselerasi, akan mendapat kesempatan untuk kelas enrichment.

Rasanya belajar di kelas aksel ini, ada suka dukanya. Senang karena teman-temannya asik, gaul-gaul, care, seru bangettt. Tapi dukanya, kalo hasil ulangan kita jelek. HEHE
By the way, author akan menjelaskan secara singkat dan padat tentang kelas akselerasi
CHECK THIS OUT


Pada beberapa sekolah diadakan program kelas akselerasi. Biasanya kelas akselerasi menjadi cita-cita sebagian besar orangtua murid agar anaknya masuk ke dalam kelas tersebut. Terutama murid-murid yang memiliki prestasi tinggi.
Yang mungkin tidak diketahui orangtua murid adalah bahwa ternyata anak dengan prestasi yang bagus belum tentu dapat memasuki kelas akselerasi. Hal inilah yang sering menimbulkan rasa tidak puas.
Kalau begitu, sudah menjadi tugas Guraru untuk menjelaskan pada orangtua murid mengenai kelas akselerasi ini.


Apa sih kelas akselerasi?
Kelas ini adalah kelas khusus, di mana program KBMnya dibuat sedemikian rupa, sehingga dapat membuat anak-anak berbakat berprestasi maksimal. Programnya sendiri biasanya berlangsung lebih pendek dari kelas pada umumnya, misalnya beban pelajaran yang secara umum harus diselesaikan selama 3 tahun, di kelas akselerasi diselesaikan dalam 2 tahun.


Siapa anak berbakat itu?
Anak berbakat yang dimaksud adalah anak-anak dengan intelegensia tinggi, juga disertai kreativitas dan motivasi yang tinggi.


Siapa peserta kelas akselerasi?
Pada umumnya, sekolah-sekolah menetapkan anak dengan tingkat intelegensia (IQ) 130 sebagai syarat dasar. Akan tetapi, anak-anak dengan IQ di atas 130 juga perlu dilihat dari bukti motivasi dan kreatifitasnya. Karena anak dengan IQ di atas 130, namun tidak menunjukkan prestasi belum tentu bisa masuk program kelas akselerasi. 
Begitu juga jika motivasi si anak tidak tinggi, dia tidak bisa mengikuti kelas akselerasi, karena dia perlu mendapat pertolongan atau dorongan untuk mengerjakan segala sesuatunya.
Anak-anak berIQ kurang dari 130, tetapi berprestasi dan memiliki daya juang atau semangat belajar yang tinggi, sebaiknya tidak masuk kelas akselerasi, karena akan membuat dirinya tidak mencapai hasil belajar yang maksimal.


Program di Kelas akselerasi
Kurikulum kelas akselerasi harus disesuaikan dengan anak dengan kecerdasan tinggi. Kemandirian, proses berpikir kreatif dan tinggi, kecepatan dan kompleksitas sangat dibutuhkan. Untuk itu dibutuhkan guru-guru yang menguasai bidangnya secara dalam dan luas, berpengalaman serta berkepribadian matang.
Jadi, orangtua yang ingin memasukkan anaknya ke kelas akselerasi perlu melihat kurikulum dan guru-guru yang mengajar di kelas itu. Jika metode pembelajarannya sama dengan kelas umum, hanya materinya saja yang dipadatkan, sebaiknya orangtua berpikir ulang.

Sekian. Semoga artikel ini membantu bloggers!
If you like this article, please share and follow this site.

Thank you for visit

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.